7 Rekomendasi Makanan khas Belitung yang Wajib Kamu Coba

Belitung, sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya juga menyajikan kuliner khasnya yang tidak kalah menarik. Berikut adalah 7 rekomendasi makanan khas Belitung yang wajib dicoba:

1. Mie Belitung

Mie Belitung adalah makanan khas yang terbuat dari mie kuning yang diolah bersama dengan kuah berisi ikan dan udang segar, dan ditambahkan telur ayam serta rempah-rempah seperti cabai, bawang, dan daun bawang. Rasanya lezat dan menggugah selera.


2.Siput Gonggong

Siput Gonggong adalah makanan laut yang dapat kamu temukan di Belitung. Siput ini berukuran kecil dengan cangkang berwarna hijau. Biasanya siput ini dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa dan aroma.


3. Otak-otak Belitung

Otak-otak Belitung adalah makanan yang terbuat dari daging ikan dan bumbu-bumbu yang dihaluskan. Kemudian, adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang hingga matang. Rasanya gurih dan lezat.


4. Soto Belitung

Soto Belitung adalah makanan khas Belitung yang terbuat dari kaldu daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah, kemudian disajikan dengan irisan daging, telur, dan mi kuning. Soto Belitung memiliki aroma yang harum dan rasa yang khas, cocok untuk dinikmati sebagai hidangan utama atau sarapan pagi.


5. Gangan Ikan Ketarap

Gangan Ikan Ketarap adalah makanan khas yang terbuat dari Ikan Ketarap segar yang dimasak dengan bumbu khas Belitung seperti cabai, bawang, kunyit, dan rempah lainnya. Rasa daging kepiting yang lembut dicampur dengan kuah yang pedas dan kaya rasa, menjadikan makanan ini sangat nikmat.


6. Kemplang

Kemplang adalah makanan ringan khas Belitung yang terbuat dari tepung ikan yang digoreng. Kemplang memiliki tekstur yang renyah dan gurih, dan biasanya disajikan dengan sambal kacang atau sambal terasi. Kemplang juga sering dijadikan oleh-oleh khas Belitung.


7. Kepiting Isi



Kepiting isi adalah makanan khas Belitung yang terbuat dari daging kepiting yang dicampur dengan tepung dan bumbu rempah-rempah. Makanan ini diisi kembali ke dalam cangkang kepiting dan kemudian digoreng hingga renyah. Kepiting isi Belitung memiliki rasa yang gurih dan kaya akan rempah, menjadi hidangan yang sangat disukai oleh wisatawan dan penduduk setempat.

Bagi anda yang penasaran dengan rasa kepiting isi khas belitung, silahkan pesan langsung pada link di bawah ini :

Tokopedia : https://tokopedia.link/umIUmNL3Yyb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar